UPAYA PENGEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI BANGKALAN MADURA

by - December 06, 2019


Bangkalan– Madura adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal sebagai pulau Religi, salah satu Kabupaten yang ada di Madura yaitu Kabupaten Bangkalan. Mayoritas penduduk yang beragama islam menjadikan Bangkalan sebagai pasar yang potensial dalam pengembangan keuangan syariah.

Salah satu yang saat ini mulai berkembang dengan pesat yaitu adalah dengan adanya  bank-bank yang kegiatan operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip syariah. Perbankan Syariah ini mulai merata di tengah-tengah banyaknya Bank Konvensional yang ada di Bangkalan.

Bank Indonesia selaku regulator dari perbankan di Indonesia sangan mendukung berkembangnya Perbankan Syariah ini, karena secara makro perkembangan Bank Syariah dapat memberikan daya dukung terciptanya stabilitas sistem keuangan dan perekonomian nasional.

Saat ini sudah ada sekitar lima Bank Syariah yang ada di Bangkalan, salah satunya yaitu BNI Syariah. Saat ini BNI Syariah telah menjalin kerjasama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) untuk gerakan EKonomi Syariah di Madura. 

Kerjasama ini dituangkan dalam Penandatanganan Nota Kesepakatan MoU (Memorandum of Understanding) di Gedung Rektorat UTM, yang dilakukan oleh Rektor Universitas Trnojoyo Madura, Muh Syarif bersama pimpinan Wilayah Timur PT Bank BNI Syariah, Wahsi Prasodjo.

Wahsi Prasodjo mengatakan, dengan adanya kesepakatan ini, BNI Syariah berupaya memberikan kemudahan bagi universitas melalui layanan perbankan syariah diantaranya produk dana, produk pembiayaan dan aplikasi digital.

Salah satu dosen Ekonomi Syariah di UTM, Prof Nizarul Alim turut mengupayakan perkembangan Bank Syariah di Bangkalan dengan mewajibkan para mahasiswa maupun mahasiswinya untuk mempunyai rekening di Bank Syariah.

“Dengan begitu maka para Mahasiswa UTM turut mendukung perkembangan Bank Syariah”, ujar Prof Nizarul Alim.

Selain itu, saat ini juga sedang gencar dilakukan edukasi dan sosialisasi mengenai sistem Perbankan Syariah sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat Bangkalan terhadap Perbankan Syariah dengan prinsip keadilan yang menjadi keunggulan dari sistem Perbankan Syariah.

Bank-bank Syariah di Bangkalan mulai mengupayakan peningkatan kualitas layanan agar dapat sejajar dengan bank-bank konvensional. Akses teknologi informasi seperti ATM, mobile banking maupun internet banking menjadi fokus bagi pengembangan kualitas layanan dari Bank-bank Syariah.

Penulis
Fatin Hamamah
Robiatul Auliyah, SE., MSA

You May Also Like

0 comments