Tips Menyelesaikan Skripsi 1 Semester

by - July 30, 2019

Niatkan dan kerjakan, insyaallah Allah memudahkan
Hallo everyone, jumpa lagi dengan tips – tips yang akan aku bagikan ke kalian. Seperti biasanya, tips ini sesuai dengan pengalaman pribadi aku, dan dari berbagai referensi. Kali ini aku akan berbagi pengalaman dalam mengerjakan skripsi. Siapa tau, sekarang kalian yang sedang membaca ini sedang ngerjain atau belum sehingga tulisan ini bisa menjadi referensi untuk mendapatkan ide baru, bisa mengambil pengalaman dalam menyelesaikan tugas akhir berupa karya ilmiah.
Teruntuk kalian yang akan mengerjakan skripsi. Hal yang perlu kalian perhatikan adalah waktu. Jangan selalu beranggapan, “hallah selesai pasti”. Ya memang benar selesai, cuman selesainya kapan kan kita tidak bisa prediksi dengan pasti. Cobaan orang ngerjain skripsi bagiku berbeda – beda. Ada yang mudah dan tentunya ada yang gampang tanpa hambatan. Ketika kalian memutuskan untuk mengerjakan skripsi, mari fokuskan dan kerjakan. Jangan ngentengin!. Karena sifat skripsi ini berbeda dengan tugas mata kuliah yang bisa kita kerjakan dalam waktu 1 jam. Hahaha, sistem kebut 
Dosenku (Bu Desi) pernah bilang, skripsi akan segera selesai kalau kita rutin mengerjakannya tiap hari. Luangkan waktu 1 jam sehari untuk mengerjakan dan targetkan untuk menyelesaikan beberapa point. Bukan sejam untuk mantengin aja tanpa ada hasil ya. Lalu, karena akan ada banyak waktu luang. Maka semakin banyak waktu kita untuk menerima ajakan teman – teman. Mulai dari nongki – nongki manjah, ngopi tiap malam bahkan hangout di pulau seberang. Nah, hal semacam itu perlu kalian waspadahi. Ya itu tadi, kita jadi enteng untuk tidak mengerjakan karena, skripsi gada deadline ke dosen. Tapi deadline kepada diri sendiri untuk menyelesaikan dan melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing. So, kalian harus lebih pandai atur waktu. Kalau aku cenderung memberikan rewardpada diri sendiri ketika target telah aku capai. Contohnya, selesai bab 1 aku harus jalan – jalan ke Jogja. Selesai bab 5 aku mau jalan ke Jakarta. Target semacam itu perlu, sekalian itu bentuk doa kita kepada Tuhan. Dengan begitu, kita termotivasi untuk menyelesaikan semuanya. Jangan beralasan malas mengerjakan karena mood sedang gak baik. Bagiku itu hanya alasan klise banget. Soalnya yang tau kita adalah diri kita sendiri. Bagaimana kita bahagia dan bagaimana kita bisa sakit hati, itu semua kita yang mengetahui. Jadi segera ciptakan kebahagiaan versi kamu. Tapi jangan lupa akan tanggung jawab.
Dan lagi, kalau ngerjain skripsi lalu dapat dosen pembimbing yang tidak sesuai dengan mau kita. Janganlah kalian gunjing selalu. Cukup bersabar, berikan doa kepada beliau dan ikhlas dalam menjalankan. Kalau kalian gunjing terus, selain gada gunanya hal itu bisa jadi salah satu boomerang bagi kalian. Kenapa? Karena beliau adalah guru kita. Ridho nya ridho Allah. Jadi bersabar dan jalani saja dengan ikhlas. Siapa tau sabar kita membuahkan hasil, walaupun bukan menghasilkan sebuah pekerjaan yang mapan tapi hasil dari ilmu yang berokah. Jadi aku harap, kalian dapat menyelesaikan skripsi kalian dengan tepat waktu. Jangan sampai, setelah teman – teman daftar siding kalian jadi auto gopoh. Pura – pura tegar tapi aslinya juga pengen lulus bareng. Wkwkwkwk
fyi nih ya, tulisan ini sebenarnya sudah aku pasang juga di lampiran skripsiku. ntah penting atau tidak, cuman aku berharap tulisan ini bisa memberi semangat buat kalian dalam mengerjakan. 
So berikut adalah tips mengerjakan skripsi dalam 1 semester :
  1. Niat !
  2. Setelah setor judul dan mendapatkan dosbing, segera temui beliau dan lakukan bimbingan
  3. Kerjakan setiap panduan dari dosen pembimbing, dan usahakan setiap 1 minggu sekali ketemu membahas hasil tulisanmu
  4. Luangkan moment 1 jam bersama skripsi dalam sehari
  5. Beri motivasi diri dan berikan reward atas pencapaianmu
  6. Berdoa disetiap langkah usaha yang kamu lakukan
  7. Ikhlas dan sabar menjadi point penting dalam menjalankan skripsi
Semangat berjuang ....
Alhamdulillah, saya menyelesaikan

You May Also Like

0 comments