Al Mizan Sufi Musik Festival 2018 menjadi 100 Wonderful Events Indonesia

by - September 19, 2018

KH Maman Imanulhaq Fariq (Foto by MI/Sumaryanto)

Kamu sering mendengarkan dakwah – dakwah islami di media sosial? atau suka dengan kegiatan kegiatan islam lainnya? 

Jika kamu suka dengan kegiatan seperti diatas. Sepertinya kamu perlu menghadiri acara Festifal Al Mizan yang akan digelar di Majalengka Jawa Barat ini. Menyuguhkan konsep dakwah modern untuk kalangan milenial menjadi target festifal Al Mizan. Dibawah pimpinan pengasuh pondok pesantren yakni KH Maman Imanulhaq Faqih, festifal yang akan digelar pada tanggal 29 september 2018 ini mengusung konsep islam “Rohmatan Lil Alamin”. 

Sukses dan Meriahnya acara ini menjadi tolak ukur keberhasilan Pondok Pesantren Al Mizan. Keunikan dan daya tarik dari Festifal ini yang menjadikan acara ini menjadi acara yang megah dan ditunggu tunggu setiap tahunnya. Konsep dakwah islam yang digelar dengan iringan musik ini sudah berlangsung selama sepuluh tahun. Al Mizan merupakan sebuah pondok pesantren yang berada di Jatiwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Dan disetiap tahunnya pondok pesantren Al Mizan menggelar acara festifal ini dengan sebutan Festival Al Mizan. Bahkan, sejak tahun lalu Festifal ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. 

Sedangkan tahun ini, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pariwisata, memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan Festival music sufi dengan memasukkan festifal ini kedalam 100 Wonderful Events Indonesia. 

Sejak dilangsungkan acara ini selama sepuluh tahun yang lalu, konsep dakwah ini didapatkan dari pengalaman pribadi Kyai Maman yang terinspirasi melalui dakwah grup gamelan Ki Buyut. Melalui musik Ki Buyut memberikan dakwah islam dengan pemikiran – pemikiran yang terbuka. Sehingga, ketika kita sebagai penonton, merasakan aura yang dinamis dan aktif. 

Dengan keadaan dakwah dijaman sekarang, tidak selamanya dakwah dilakukan dengan duduk bersila dan mendengarkan ceramah dari Kyai. Dakwah dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk acara. Sehingga, pengetahuan dapat dicerna dan donikmati oleh siapa saja. Banyak cara untuk berdakwah menyebarkan ajaran kebaikan tentang islam sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

Oleh sebab itu, festifal ini nantinya akan menampilkan music sufi sebagai bentuk dari konsep penyampaian dakwah. Selain music sufi, Festifal Al Mizan 2018 akan memberikan tampilan ekspresi seni dari lintas iman yang akan memperkaya pengetahuan terhadap religious dari berbagai macam tradisi yang ada di Indonesia. 

Mudahnya transportasi untuk menjangkau akses menuju Majalengka bukan menjadi alasan kamu untuk tidak menghadiri Festifal Al Mizan. Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat, akses menuju Majalengka dapat dilalui menggunakan jalur darat. Apalagi buat kamu yang berasal dari luar Pulau Jawa akan dipermudah dengan hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka. Kemudahan ini menjadi modal kamu buat mengunjungi Festival Al Mizan yang tergabung dalam 100 Wonderful Events Indonesia. 

Menggelar acara yang berlatar belakang tradisi tentu menjadi kebanggaan bagi kita sebagai penduduk Indonesia. Dukungan pemerintah menjadi suntikan semengat baru bagi penyelenggara untuk menggelar acara yang dikonsep meriah dan bermakna tentunya bagi pengunjung. Selain sebagai acara dakwah, menyebarkan pengetahuan islami. Festifal Al Mizan 2018 menjadi ajang pengenalan budaya bangsa. Pengenalan daerah kepada wisatawan untuk berkungjung lebih sering ke Provinsi Jawa Barat, khusunya ke Kaupaten Majalengka. Kita harus bangga dengan kebudayaan bangsa. Bangga menjadi bagian dari Indonesia. Mari meriahkan Festifal Al Mizan 2018, sebagai bentuk rasa cinta tanah air kita dan pelestarian budaya bangsa. 

You May Also Like

0 comments