Tips Travelling untuk Pemula

by - May 31, 2018

Sudahkan kamu liburan ?

Traveling
sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia khususnya anak muda. Jaman sekarang liburan bukan lagi menjadi sebuah wacana tapi sudah menjadi habit bagi setiap kalangan. Liburan tak lagi dilakukan oleh kaum borjuis, tetapi bisa dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali. 
Kemudahan teknologi menjadi salah satu alasan bagi setiap orang untuk merencanakan liburan. Maraknya iklan dan promo tentang paket liburan sering kali dijumpai di era sekarang. Tidak lagi bingung dengan transportasi, tempat penginapan, bahkan list destinasi wisata juga sudah mudah dijumpai di berbagai macam aplikasi perjalanan.
Walaupun keberadaan teknologi sudah sangat membantu dalam melakukan perencanaan liburan, tapi ada hal – hal yang perlu kamu siapkan sebelum waktu traveling tiba. Sesuai judul diatas, kali ini akan aku share beberapa tips buat kamu yang akan merencanakan liburan agar lebih mudah dan nyaman.

Tentukan budget traveling kamu
Cek keadaan dompetmu dulu sebelum pergi yaa wkwk

Suatu hal penting dan sangat crucial sekali ketika kita mencantumkan kata “budget”. Namun tak dapat dipungkiri bahwa hal inilah yang menjadi penentu bagi kamu yang akan melangsungkan traveling. Banyakya budget yang kamu miliki akan mempengaruhi lokasi, administrasi dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan selama traveling. Misalnya, rumahmu di Surabaya dan budget yang kamu miliki sebesar 100rb so pasti letak lokasi wisata kamu yang standart dekat dengan wilayahmu. Jangan terlalu berambisi untuk pergi ke raja ampat dengan modal segitu. Wkwkwk (ijin ketawa)

Tentukan lokasi 
Kalau budgetnya sudah kamu persiapkan. Bolehlah kamu tentukan dimana dan mau kemana saja. List tempat tempat yang akan kamu kunjungi selama traveling. Banyak yang mengatakan bahwa hal yang asyik tetu dibayar dengan hal yang asyik pula (budget besar). Tapi menurutku, kalau kamu bisa me-manage pengeluaranmu, kamu bisa kok mendapatkan hal asyik dengan biaya yang minim pula.

Sharing hearing
Sharing hearing ini bisa kamu lakukan ke salah satu temen kamu yang sudah biasa melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Galilah segala informasi tentang traveling biar mempermudah kamu dan memberikan pandangan tentang apa saja yang seharusnya kamu lakukan. Jika teman sekitarmu juga sama tidak berpengalaman, maka kamu bisa baca di blog – blog tentang review perjalanan atau kamu bisa stalking di media sosial idola kamu yang sering bepergian.

Tentukan transportasi dan penginapan
Jika 3 kebutuhan diatas sudah kamu pahami, saatnya tentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan. Carilah transportasi yang cepat dan mudah kamu jangkau. Jika berniat untuk berlama lama di tempat wisata seperti traveler pada umumnya. Kamu bisa sambil mencari dan tentukan dimana kamu akan menginap selama kamu traveling didaerah tersebut. 
Tapi buat kamu yang baru banget bepergian jauh, usahakan kamu punya kenalan di daerah yang kamu kunjungi. Supaya meringankan beban kamu di biaya penginapan. Kamu bisa numpang di kerabat atau teman yang kamu kenal. Jadi kamu bisa terbebaskan dari biaya penginapan deh.

Siapkan bekal hidup kamu selama traveling
Sudah mantap menentukan tujuan wisata, hal yang perlu kamu perhatikan adalah bekal yang akan kamu bawa. Bekal yang di maksud adalah bekal baju dan bekal makanan. Selain makanan ringan, bekal pakaian menjadi faktor penting. Jika sudah siap bermalam selama 3 hari tentu kamu kondisikan pakaian kece kamu, jangan cuman modal diri kemudian berangkat traveling deh. 
Sebenarnya, bisa aja sih begitu. Tapi aku saranin buat kamu pemula, hal tersebut jangan sampai terjadi. Kasiannn nak, biarkan duitmu kamu pergunakan untuk biaya traveling kamu selanjutnya. Tapi kalau duitmu banyak, it’s okey no problem babe

Berbahagialah
Berbahagia bersama sama terkadang lebih menyenangkan - Photo by @cduckies

Hal yang harus ter-setting otomatis buat kamu ketika traveling adalah keadaan bahagia. Tak dipungkiri jika melakukan perjalanan kita menginginkan kebahagiaan. Menikmati setiap hal baru yang kamu jumpai, bahkan hal unik maupun berbeda dengan kebiasaan didaerahmu bisa kamu dapatkan selama travelling. Abadikan moment, sehingga kamu bisa membuka kembali hal – hal menarik yang sudah kamu capai. Tentunya dengan tetap menjaga keamanan diri selama traveling.

Seperti itulah tips buat kamu sebagai calon traveler yang bisa kamu jadikan sebagai acuan sebelum kamu mengagendakan diri untuk pergi. 
Jangan takut untuk traveling ke berbagai destinasi wisata yang kamu suka, walaupun kamu berangkat seorang diri. Cobalah list kemudian agendakan.
Traveling itu asyik, traveling itu membuat kita bisa belajar hal baru dan selalu membuat kita bersyukur atas segala nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita.
Jangan lupa, nimimkan perlengkapan dan gunakan simple outfit sehingga kamu lebih bebas mengeksplor nusantara.
Ayo nabung, because our times and nothing is impossible in the world... Fighting!

You May Also Like

0 comments