7 Tips lebih fresh di bulan ramadhan

by - May 24, 2018

Daripada bermalas malasan selama bulan suci ramadhan kali ini. Yuk kita buat ramadhan tahun ini dan seterusnya menjadi ramadhan terbaik bagi kita. Salah satunya dengan tips tips yang sudah aku siapkan ini. Biar gak lemes selama menjalani puasa. 

1. Niat
Setiap melakukan hal apapun niat tentu menjadi hal pokok dalam memulai suatu  aktifitas. Tanpa adanya niat yang sungguh sungguh, atas apa yang kita rencanakan sepertinya akan menjadi hal yang sia sia. Ketika hati dan pikiran di singkronisasi menjadi 1 niat yang baik, insyaallah semua akan dimudahkan oleh  Allah. Apalagi niat menjadi pembakar semangat yang paling utama terhadap diri kita sendiri.
Jadi mari luruskan niat, sematkan niat dalam diri kita untuk menjalankan ibadah puasa sesuai perintah Allah agar mendapatkan berkah di bulan suci Ramadhan ini.

2. Sahur
Selain mengisi stamina untuk berpuasa, sahur menjadi salah satu sunnah berpuasa. Alangkah baiknya ketika sahur kamu mengonsumsi mknan yang tidak terlalu berlemak dan perbanyak konsumsi air mineral sehingga tidak dehidrasi di siang harinya

3. Olah raga pagi
Walupun tidak dengan lari sepanjang 5km, olahraga selama puasa tentu dibutuhkan bagi tubuh kita agar tetap bugar. Melakukan peregangan merupakan salah satu cara agar badan kita tetap melakukan pergerakan pergerakan yang tentunya baik bagi kebugaran tubuh. Lakukan selama 15 - 30 menit setiap pagi dengan lari lari kecil dihalaman rumah bisa kamu kerjakan selama berpuasa.

4. Melakukan kegiatan yang efektif
Tidur adalah ibadah. Sering kali kita jumpai hal tersebut ketika tiba waktunya berpuasa. Memang, tidur menjadi kegiatan yang lebih baik daripada menggunjing kegiatan tetangga. Namun, kegiatan tidur sepanjang hari selama berpuasa bisa kamu alihkan dengan serangkaian kegiatan yang bermanfaat lainnya. Seperti mengaji, membaca buku atau menyibukkan diri dengan kegiatan efektif lainnya.

5. Tidur secukupnya
Nah, disela sela kesibukan yang dimiliki selama berpuasa. Jangan lupa untuk tetap menjaga keadaan istirahat kita agar tetap mengalami masa rehat dari berbagai pekerjaan. Biasanya ada yang memiliki pekerjaan yang lebih padat dari hari biasa selama berpuasa. Tetapi manjakan diri untuk istirahat sejenak dengan tidur secukupnya

6. Ngabuburit
Kegiatan yang paling disukai ketika bulan ramadhan tiba. Jalan jalan sore atau yang sering kita sebut ngabuburit menjadi kebiasaan yang kerap kali dilakukan untuk menunggu waktu berbuka. Tak jarang, ketika jalan jalan sore kita dapat menjumpai teman kita yang sudah lama tidak bertemu. Eh kok wkwkwk

7. Tersenyum
Menjalani puasa memang berat, apalagi diawal puasa. Banyak sekali godaan godaan yang mengganggu kesabaran selama berpuasa. Namun senyum tidak boleh kita hilangkan agar tetap membuat perasaan kita baik. Selain itu senyum juga merupakan ibadah. Jadi mari kita tersenyum :)

Selamat menjalankan ibadah puasa baginyang menjalankan. Ke 7 tips ini aku bikin ketika sudah bingung mau ngapain diawal puasa ini. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang membacanya sekarang. Have a great day

You May Also Like

0 comments