Kenali Masalah Jerawat, Hyperandrogen salah satu Penyebab Peradangan Jerawat

by - March 31, 2018



Sebagai remaja usia dewasa, tentu aku pernah mengalami masalah kulit diwajah bahkan kamupun juga pasti mengalaminya kan? bentuknya merah, kadang juga bernanah dan cenderung gatal. Jerawat, penyakit kulit yang biasanya hadir disekitar area wajah ini sering kali membuat jengkel terutama kaum wanita. mengurangi rasa percaya diri karena kulit wajah tidak mulus seperti yang diharapkan. 

Kali ini, beruntung sekali aku mendapatkan undangan dari beautynesia.id diacara talkshow tentang Waspadai Hyperandrogen Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita bersama guesehat.com. Menjadi ilmu baru bagi aku tentang masalah kulit, khususnya area wajah kita karena jerawat tidak selamanya terjadi karena faktor kebersihan. Adapun masalah jerawat selain faktor kurangnya menjaga kebersihan dan pola makan, Hyperandrogen menjadi salah satu masalah yang mengancam jerawat membandel pada wanita. 

Kepo dengan apa yang dimaksud dengan Hyperandrogen? berikut akan aku jelaskan hingga tuntas, If you are curious about the story , just read until the end gaess . . .

Apasih Hyperandrogen?
Hyperandrogen merupakan suatu kondisi dimana kelebihan hormon yang terjadi pada wanita, kondisi ini menyebabkan kondisikulit menghasilkan sel minyak berlebih yang mempengaruhi perkembangan kulit dan pertumbuhan rambut. Kelebihan hormone ini tentu memiliki dampak pada kulit khususnya didaerah sekitar area wajah dan dada. Produksi sel kelenjar minyak yang berlebih menimbulkan timbulnya jerawat. Bukan seperti jerawat pada umumnya yang timbul bintik – bintik merah dan cenderung lekas sembuh ketika diobati dengan obat oles. Menurut dr. Ria Andriani Mukti, M.Si, masalah hyperandrogen pada wanita terjadi 10 hingga 20%

dr. Ria Andriani Mukti, M.Si,  sedang menjelaskan masalah hyperandrogen

Masalah jerawat akhibat hyperandrogen. Bukan karena kurang menjaga konsumsi makanan atau menjaga kebersihan, hyperandrogen menjadi masalah tersendiri bagi kaum hawa. Efek jerawat yang timbul besar dan cenderung susah untuk diobati dan tergolong pada peradangan.
Selain masalah jerawat hyperandrogen pada wanita dapat dikenali melalui gejala gejala kliniks seperti peradangan pada kulit atas, tumbuhnya rambut pada bagian tubuh perempuan atau kebotakan yang diawali dengan rambut rontok. 

gambar : akibat hyperandrogen pada wanita

Tumbuhnya jerawat dengan peradangan atau biasa disebut nodul yang merupakan kumpulan dari jerawat dengan peradangan dalam dan luas serta kista yang terdiri dari kumpulan nodul. jerawat yang tumbuh akibat melebihnya hormon androgen ini memnyebabkan kulit memproduksi sebum atau kelenjar minyak berlebihan
Dari produksi sobum yang berlebihan ini memudahkan bakteri berkumpul dan menjadi tempat ideal untuk meningkatkan jumlah bakteri jerawat yang kemudian menyebabkan peradangan jerawat akibat tertutupnya folikel kulit yang terbuka.

Kenali Masalah Jerawat 
penyakit kulit yang biasa terjadi pada 95% remaja di usia 15 - 23 tahun yang dialami disekitar wajah. Selain itu, inflamasi dan tempat berkembangbiaknya bakteri ini selain menyerang area wajah,  folikel rambut, leher, dada dan punggung menjadi salah satu tempat berkembangnya bakteri acne. hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi sebum.


Penyebab Hyperandrogen terjadi pada wanita 
Faktor Endogen 
  • PCOs (Sindrom Ovarium Polikistik)
  • Hiperplasia fungsi kelenjar adrenal
  • Tumor (Ovarium, adrenal, hypophyseal, bronkhial)
Faktor Eksogen
  • Kontrasepsi oral kombinasi dengan aktivitas efek parsial androgen
  • Steroid anabolik
  • Pengobatan kortikosteroid
Cara Mengatasi Hyperandrogen

1. Melakukan Terapi

2. Menggunakan Obat Penghambat Androgen 


Dampak psikis hyperandrogen biasanya akan sering cemas, depresi, tidak PD, badmood, dan suicide thought. Menurut dr. Suksmagita Pratidina SpKK spesialis kulit dan kelamin mengatakan bahwa jerawat akibat hyperandrogen cenderung lebih sulit diatasi, jika dibandingkan dengan jerawat atau masalah kulit lainnya yang timbul karena faktor kebersihan. Jerawat akibat hyperandrogen biasanya tumbuh diarea T wajah, rahang hingga lipatan dada dan punggung. Oleh sebab itu kondisi ini akan meninggalkan bekas jika dibiarkan begitu lama tanpa ada penanganan. 

Semoga ilmu yang kita dapat hari ini dapat bermanfaat bagi pembaca blog kita 
see you in the next event guys

You May Also Like

2 comments