5 ekor Kambing ditawar dengan angka 19

by - February 19, 2018

Remaind me to my papa 😢

Pasar itu bukan Supermarket yang berfasilitas full AC. Berangkat pagi pulang siang. Kamu tau kerja keras seseorang ketika menjual hewan ternaknya di pasar hewan seperti ini ?

Pagi ini aku seperti biasa mengantar  ke Pasar. Dan seperti biasa pula aku harus menunggunya walaupun belum sempat ku cuci muka. Dia menginginkan cepat, sedangkan aku terbiasa lambat dalam hal mandi.

Nah balik lagi ke pekerjaan bapak tadi, dia berasal dari mana ya... aku pribadi belum tau. Tapi dari modelnya dan angkutan yg dia gunakan dia berasar dari arah Timur Arosbaya. Dia membawa hewan ternaknya, mungkin bisa di bilang itu sekeluarga kambing dia bawa. Ada 4 ekor anak kambing yang besarnya sama dan 1 ekor kambing yang ukurannya lumayan besar, dugaanku itu ibu kambing.

Foto diatas aku ambil ketika bapak ini akan menyembarang jalan menuju pasar untuk melanjutkan penawaran dengan yang lainnya. Walaupun sebelumnya, sebelum turun dari mobil ada seorang bapak bapak (pembeli) menginginkan ke-5 kambing itu dengan tawaran 19. Angka 19 menandakan tawaran untuk ke-5 kambing yakni sebesar 1.900 juta.

Wawwww. Bawanya susah - susah dari rumah. Sampai pasar ditawar segitu, eh bukan sampai pasar ini mah, baru sampai pinggir jalan. Belum tau harga pasaran seperti apa tiba tiba ya ditawar begitu saja. Aku sih gak nyalahin bapak yang nawar itu, cuman yang tidak aku suka "kenapa harus di beli (ditawar) ketika si penjual belum masuk ke tempat dagangan yang mana mereka belum tau harga pasarannya berapa". Kan kasian, iya kalau untung kalau gak untung bagaimana?

Apalagi membawa kambing menaiki mobil itu tidaklah murah, butuh sekitar 50-150rb untuk membawa kambing dari rumah ke pasar.

But, aku mikir lagi setelah melihat ulang foto itu. Apa hal itu sudah biasa dalam dunia perdagangan atau sebenarnya ada aturan yang seharusnya digunakan biar kedua belah pihak sama sama diuntungkan.

You May Also Like

0 comments