JAWA TIMUR Siap Menggelar 50 Top Event di Tahun 2018

by - January 24, 2018


“Pariwisata menjadi sebuah tawaran baru bagi Indonesia terutama dalam menyelesaikan permasalahan perekonomian”
Masyarakat Jawa Timur patut bangga atas berlangsungnya Peluncuran Event Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur yang digelar pada hari Sabtu, 20 Januari 2018. Pergelaran seni yang berlangsung di Taman Budaya Surabaya oleh Bapak Gubernur Jawa Timur. Peluncuran event seni budaya dan pariwisata ini dihadiri oleh perwakilan negara sahabat, bupati dan walikota se Jawa Timur, Instansi Pemangku Kebudayaan dan pariwisata Jawi Timur, instansi terkait, industry wisata dan media. Selain itu terdapat perwakilan dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) . Terdapat 40 media yang telah disiapkan untuk memviralkan acara yang digelar besar dan berdampak positif bagi Kota – kota yang ada di Jawa Timur.

Sebelum acara dimulai, penampilan musik dari Sumenep

Tujuan dari peluncuran event seni budaya dan Pariwisata Jawa Timur ini bisa menjadi referensi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain 50 event yang disiapkan oleh Kementerian Pariwisata Jatim, terpilih 10 top event unggulan yang dinilai memiliki keunikan lebih dari event Jawa Timur lainnya. Pemilihan 10 top event ini, dipilih melalui seleksi oleh Tim dan tergabung dalam Top 10 Wonderful Event 2018 (sumber Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim):
1.       Jember Fashion Carnival
Diselenggarakan di alun – alun Jember pada tanggal 7 – 12 Agustus 2018. Jember Fashion Carnival merupakan event budaya tahunan berskala Internasional yang spektakuler dengan konsep Fashion Carnaval on the Street. Biasanya kostum yang ditampilkan merupakan trend fashion dunia hasil kreatifitas anak muda yang didesain sendiri dengan tema tertentu yang ditentukan oleh penyelenggara.

2.       Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo
Yadnya Kasada merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger yang tinggal di kawasan Gunung Bromo. Yadnya Kasada diselenggarakan di Pendopo Desa Wonokerto, Pura Poten, Kawah Bromo dan Lautan Pasir Gunung Bromo. Dilaksanakan setiap bulan Purnama Kasada sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan kepada Sang Hyang Widhi, melalui rankaian kegiatan yang dimulai dengan Mendhak Tirta (mengambil air suci) dan diakhiri dengan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo. Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo akan dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Juni 2018

3.       Kemilau Madura
Pergelaran acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan dibulan Oktober 2018 di Stadion Pamekasan alun – alun Arek Lancor. Terdapat beragam rangkaian acara seperti; Lomba Sapi Sonok, Batik on the Street, Semalam di Madura, Grand Final Kerapan Sapi dan Daul Carnival.

4.       Pasar Seni Lukis Indonesia
Tahun 2018 merupakan penyelenggaraan PSLI ke-11. Event tahunan yang diselenggarakan oleh sanggar Merah Putih (Surabaya) tergolong dalam satu rangkaian acara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dan merupakan ajang pertemuan para pelukis, kolektor, galeri serta masyarakat pecinta seni lukis. Dilaksanakan di Jatim Expo Surabaya pada tanggal 12 – 21 Oktober 2018.

5.       Gandrung Sewu
20 Oktober 2018 Pantai Boom Banyuangi menjadi tempat digelarnya suguhan tarian tradisional Banyuangi yang dinamakan tari Gandrung. Tarian massal yang melibatkan 1000 lebih penari yang mengenakan pakaian yang mencolok dengan latar belakang selat Bali. Aksi ini akan menghasilkan pemandangan yang menakjubkan bagi yang menyaksikan, apalagi akan dipadu dengan hamparan pasir pantai boom yang luas sebagai pentas event tahunan.

6.       International Tour de Banyuwangi Ijen
International Tour de Banyuwangi Ijen akan berlangsung selama 3 hari 26 – 29Semptember 2018 dari etape pertama sampai etape ke 4. Menempuh total panjang rute sejauh 555 km. rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan berpacu mendaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal didunia dengan fenomena api birunya.

7.       Festival Keraton Nusantara
Festival Keraton merupakan event tahunan nasional (FKN) yang digelar secara bergantian didaerah yang memiliki peninggalan keratin dan tahun 2018 digelar di Kabupaten Sumenep, sebagai satu – satunya daerah di Jawa Timur yang memiliki peninggalan sejarah Keratin.

8.       Festival Malang Kota Tua
9.       Banyuwangi Ethno Carnival
10.   Malang Flower Carnival

Bapak Jarianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur

Ketika ditanya tentang akses menuju lokasi wisata yang hingga saat ini belum maksimal, Bapak Jarianto selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menyampaikan bahwa, “masalah sekarang adalah akses menuju tempat wisata yang kurang mendukung, hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab provinsi saja tapi provinsi juga berusaha melaporkan ke pusat bagaimana daerah cincin willage dapat terwujud. Kalau ini ada saya rasa pertumbuhan ekonomi daerah barat itu luar biasa banyak”.

Kalender Wisata sebagai referensi event di Jawa Timur bagi masyarakat maupun wisatawan 

Semoga, dengan adanya peresmian Peluncuran Event Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur 2018 dapat memberikan dampak yang positif bagi wisatawan dan bisa menjadi referensi rencana liburan selama 2018. Akses wisata yang beragam, biaya hidup tidak terlalu mahal, serta memiliki keberagaman kuliner dan daya tarik wisata yang mengagumkan.


Yuk Liburan guys, jangan lupa kontak aku ya jika mau berkunjung ke event Jawa Timur. 

You May Also Like

0 comments