Mengasilkan Generasi Baru Musppanitera Cabang Bangkalan 2017 Sukses!

by - October 18, 2017

Musppanitera Kwartir Cabang Bangkalan

Mengikuti kegiatan pramuka sering ku lakukan, apalagi kegiatan lapangan yang menguras banyak tenaga. Rela berpanas – panasan tanpa mengenal betapa panasnya terik matahari meyelimuti. Karena bagiku di pramuka, totalitas itu perlu untuk menciptakan suatu yang berkesan.
Yang pernah ku alami panasnya lapangan Buper Cibubur

Tetapi berbeda dengan kegiatan pramuka yang ku ikuti kemarin. Mandat yang diberikan oleh ka-kwarran Arosbaya kepada kami berdua. Aku dan rekanku Philopho diminta sebagai perwakilan Arosbaya untuk menghadiri acara Musppanitera. Terbiasa mengikuti kegiatan pramuka yang berlatar belakang lapangan, kali ini acara Muspanitera bertempat di Rumah Dinas Wakil Bupati selama 2 hari pada hari Sabtu – Minggu, 14 – 15 Oktober 2017. Kegiatan yang diadakan didalam ruangan ber AC ini menjadi berbeda dari pengalaman – pengalamanku sebelumnya.

Niatnya sih mau foto materi sidang, eh ternyata jam tanganku menarik juga hahaha


Kaku, bingung, tegang dan gak paham tentu dirasakan oleh rekan kerjaku Philipho. Baginya, ini adalah kali pertama dia menghadiri rapat tertinggi di ranah cabang. Apalagi rapat Musppanitera diadakan selama 5 tahun sekali. Tidak semua pramuka penegak pandega memiliki kesempatan menghadiri acara ini.

Aku mencoba memberikan pengarahan pada nya tentang apa yang seharusnya dia lakukan di Musppanitera ini. Bukan maksud menggurui, tapi bagiku Musppanitera ini sama halnya Muswa yang diadakan dikampus. Jadi bagiku, cukup tau lah alur acaranya seperti apa.

Kak Devi menyampaikan laporan kerja DKC periode 2013 - 2017

Dan benar. Tidak jauh berbeda dengan muswa yang di adakan dikampusku. Terdapat laporan pertanggung jawaban program kerja oleh Ketua DKC periode 2013 – 2017 yakni Kak Devi. Selain laporan kerja yang disampaikan oleh Kak Devi, Presidium umum kak Maya memberikan intruksi untuk melanjutkan pada sidang Komisi A dan Komisi B. Sidang Komisi A yang dipimpin oleh Kak Juwaini membahas tentang Keorganisasian sedangkan sidang komisi B membahas tentang rancangan program kerja yang dipimpin langsung oleh Kak Fajar.

Kak Maya sebagai Ketua Presidium Sidang

Suasana sidang Komisi A tentang Keorganisasian

Suasana sidang komisi B tentang Rencana Kerja

Acara berlangsung dengan lancar. Peserta aktif dalam menyampaikan argument serta masukan demi kebaikan pramuka cabang bangkalan.

Setelah sidang komisi A dan Komisi B selesai, dilanjutkan pada pemilihan Ketua Dewan Kerja Baru. Sesuai dengan kesepakatan, pemilihan ketua DKC Bangkalan dilakukan dengan musyawarah. Setiap perwakilan pangkalan berhak memberikan 2 nama untuk dicalonkan menjadi ketua dan wakil DKC Bangkalan. Kemudian nama – nama yang terpilih akan dimusyawarahkan kembali untuk memilih yang terbaik dari yang baik. Bakal alon ketua dan wakil diasingkan dari tempat sidang agar tidak mengatahui hasil musyawarah. Tidak membutuhkan waktu lama saat musyawarah, kami semua memiliki pemikiran yang sama pada bakal calon yang siap memimpin Dewan Kerja Cabang selama 5 tahun kedepan.

Ke-5 calon menyampaikan Visi - Misi jika terpilih menjadi Ketua DKC

Dari musyawarah yang dilakukan, terpilihlah Kak Amar dan Kak Maya sebagai Ketua dan wakil ketua Dewan Kerja Bangkalan masa bakti 2018 – 2023. Siap memberikan yang terbaik untuk pramuka di Bangkalan menjadi lebih baik dan berkarakter.

Sambutan kak Amar sebagai Ketua DKC Bangkalan terpilih, masa bakti 2018 - 2023

Foto pasca kak Amar terpilih menjadi Ketua DKC Bangkalan

“Selamat kepada kak Amar dan Kak Maya, semoga bisa mengemban amanah dan tanggung jawab sesuai Satya dan Dharma pramuka selama 5 tahun kedepan.  Sukses selalu”.

#salampramuka 
#setiappramukaadalahkantorberita



You May Also Like

2 comments