RAIMUNA NASIONAL XI 2017

by - August 23, 2017


Hello Rainas 2017
Salam Pramuka !

Pramuka merupakan pola pendidikan yang sudah di kenalkan sejak berada disekolah Dasar. Selain belajar mandiri, pramuka juga mengajarkan rasa tanggung jawab serta peduli pada lingkungan sekitar. Pramuka identik dengan perkemahan. Berkegiatan dibumi perkemahan tentu dialami oleh anak pramuka. Bagi anak pramuka berkemah menjadi hal yang menyenangkan walaupun panas dan hujan tetap dijalani. Nah, sebentar lagi pramuka Indonesia akan melaksanakan event berskala nasional yaitu Raimuna Nasional.

Siapa sih yang tidak tau tentang Raimuna Nasional atau yang biasa disebut Rainas. Tentu sangat familiar bagi anak pramuka kegiatan yang melibatkan pramuka seluruh Indonesia ini. Raimuna Nasional diadakan 5 tahun sekali oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Menjadi kegiatan yang ditunggu – tunggu oleh kakak – kakak pramuka tingkat penegak dan pandega. Kenapa begitu? Karena kegiatan ini dapat diikuti oleh pramuka yang telah menyelesaikan tingkat penegak dan pandega.
Perlu kakak – kakak ketahui, kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai daerah Yapen Timur Papua. Raimuna merupakan gabungan dari kata Rai dan Muna. Kata Rai mengartikan sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Sedangkan kata Muna berarti daya kekuatan jiwa seseorang untuk mencapai kesuksesan. Sehingga Raimuna adalah sekelompok orang yang memiliki tujuan sama dan bersama – sama mencapai kesuksesan.

Raimuna Nasional akan dilaksanakan selama 7 hari di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta pada 13 – 21 Agustus 2017. Dihadiri oleh 15.000 peserta pramuka dari seluruh Indonesia. bukan hanya pramuka Indonesia, pramuka luar negeri akan ikut serta memeriahkan Rimuna Nasional 2017. Oleh karena itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi peserta yang mengikuti kegiatan Raimuna Nasional yang dikemas menarik setiap perhelatannya.

Raimuna Nasional 2017 ini akan menjadi ajang pengembangan kreatifitas bagi pramuka penegak pandega. Selama berada dibumi perhemahan, kegiatan acara akan dibedakan menjadi beberapa zona yaitu zona wawasan, teknologi dan informasi, kewirausahaan dan keterampilan. Sesuai dengan tema “Kreatif, Inovatif, Berkarakter”. Perbedaan Zona ini bertujuan agar peserta dapat berperan aktif di lingkungan bumi perkemahan. Selain aktif peserta diharapkan bisa memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah yang ada dilingkungan sekitar. Oleh karena itu kegiatan Raimuna Nasional ini bisa memberikan pengaruh positif bagi peserta melalui kegiatan – kegiatan yang diberikan, agar bisa dikembangkan ketika kembali di gugus Depan masing – masing.
Ayo Pramuka Penegak Pandega semangat sukseskan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017. KIBAR !

Salam Pramuka !

#RainasPramuka2017
#SetiapPramukaAdalahKantorBerita

You May Also Like

0 comments