TAK SESUAI EKSPETASI, KESERUAN RAIMUNA NASIONAL XI 2017 TETAP MENGESANKAN

by - August 23, 2017

Foto yang sempat kami ambil ketika upacara pembukaan
Raimuna Nasional telah usai, beragam kegiatan selama 7 hari (14/20 agust) di Buperta Cibubur selesai dilaksanakan. Kesedihan dan kebahagian telah dirasakan oleh kakak pramuka penegak pandega Indonesia. Menuju Raimuna Nasional XI 2017 aku melewati berbagai macam latihan yang dilakukan setiap minggunya. Sesuai juknis yang telah diedarkan sebelum pelaksanaan, kami belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan kegiatan di Raimuna Nasional.
Lantas mengapa RAIMUNA NASIONAL XI 2017 TIDAK SESUAI HARAPAN?

Ya, memang benar tetapi perlu dijelaskan bahwa kegiatan Raimuna Nasional tidak sesuai dengan juknis yang diedarkan karena berbagai macam masalah. Tetapi sebagai peserta Raimuna Nasional aku pribadi merasakan hal yang sangat menakjubkan selama berada disana. Ntah, apa karena aku tidak pernah mengalami moment itu atau aku yang memang katrok?. Sebenarnya dari awal sudah aku persiapkan diri mengikuti Raimuna Nasional sesuai dengan juknis yang ada, terkadang apa yang direncanakan tidak sesuai dengan fakta lapangan.

Menurut kak Adhyaksa Dault selaku ketua Kwarnas Gerakan Pramuka bahwa “rumor kegiatan raimuna nasional yang pelaksanaannya ditunda karena faktor pendanaan yang belum turun dari pemerintah dapat diatasi oleh Sangga Kerja Raimuna Nasional XI 2017. Walaupun dana baru diberikan H-7 pelaksanaan tetapi sangga kerja siap mengahadapi semuanya. Raimuna Nasional tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. Saya berterimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam pelaksaan Raimuna Nasional”. 

Bagiku dan pimpinan umpiku, kegiatan yang tidak sesuai harapan saja masih tergolong keren. Sebab Raimuna Nasional yang diikuti 15.000 peserta ini telah dihadiri oleh tokoh – tokoh ternama Indonesia, band – band terkenal Indonesia dan diliput oleh media nasional dan media swasta. Hal yang mungkin terbilang mustahil tapi nyatanya kami melewatinya.
Berbagai macam kegiatan dilaksanakan selama berada disana mulai dari Festifal Budaya Nusantara, Edukasi Tour, Rover Challenges (RC), Global Development Village (GDV), Kunjungan Saka, kunjungan budaya dan tentunya malam pentas seni yang selalu ditunggu – tunggu. Malam petas seni yang selalu dipenuhi dengan pertunjukan budaya yang ada disetiap perwakilan daerah ditampilkan. Apalagi pesta kembang api yang diberikan menjadi konsumsi setiap malamnya, sungguh luar biasa.
Ketika Kunjungan Budaya aku mengenakan salah satu pakaian adat dari stand Konda Kalimantan Utara

Diakhir kegiatan seluruh peserta memakai pakaian adatnya daerah melakukan parade nusantara dan dilanjutkan dengan mencicipi makanan khas daerah masing - masing. Berkumpul bersama dengan latar belakang budaya dan adat istiadat kita saling memperkenalkan apa yang dimiliki disetiap daerah. Tetapi hal yang paling mengesankan ketika kita melakukan Color Dancemob yang semua melebur menjadi satu tanpa menanyakan darimana asalmu, kita menari bersama.

Terciduk fotografer disaat asik Color Dancemob

"Saudaraku dalam Bakti, rekan – rekanku pramuka penegak pandega Indonesia. Telah tiba saatnya kita mengakhiri kegiatan Raimuna Nasional XI. Namun, perjuangan kita bukanlah berakhir dititik ini namun, kita akan memulainya setelah kita kembali ketempat kita masing – masing. Oleh karena itu, ingatlah bahwa kita pernah menjaga ke Bhinekaan bersama, pernah berjuang dalam keterbatasan bersama di Raimuna Nasional XI. Semoga apa yang teman – teman sudah niatkan menjadi balasan bagi temen – teman semua. Akhir kata, Aku bukan untuk kamu, kamu bukan untuk aku  tapi aku dan kamu untuk kita bersama. Jayalah Pramuka – Jayalah Indonesia”. - Yudha Adyaksa Ketua Dewan Kerja Nasional 

Bagaikan artis, susah banget bertemu dan foto sama Ketua DKN ini but, i can get it

Semoga bisa berjumpa lagi di Raimuna Nasional 2022 dengan dengan jabatan yang berbeda pula. sekarang peserta, 5 tahun kedepan panitia. bersyukur kalau bisa jadi bagian perencananya. sampai Jumpa dan tebarkan semangat KIBAR - Pramuka untuk Masa Depan Indonesia.

#SetiapPramukaadalahKantorBerita
#Rainaspramuka2017


Karena pramuka itu keren, kita kunjungan Media di Televisi Swasta - TV ONE

Sebenarnya masih banyak yang akan aku ceritakan tentang keseruan Raimuna Nasional XI 2017. Tapi keep dulu yah, tunggu saja dipostingan selanjutnya. 
bisa koment, kalian mau tau lebih banyak tentang kegiatan apa :)

Biar tertarik aku kasih akun ig pramuka yang selalu uptude yaitu akun @pramukaupdate dan @dk_nasional
Kritik dan sarannya ya Because Our Times and On Process

You May Also Like

25 comments

  1. Menarik.. Apalagi fotonya, unch unch.. Bikin ketawa. Longor sih yg buat blog ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  2. Menarik.. Apalagi fotonya, unch unch.. Bikin ketawa. Longor sih yg buat blog ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  3. A'aw ๐Ÿ˜˜ keren sekali kakak.....
    Kok saya nggak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhhh adek , makanya ikut pramuka dulu dek. pramuka itu keren :)

      Delete
  4. wah seru sekali ya jadi keanggotaan pramuka, banyak hal yang bermanfaat pula ❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kakak. mari gabung menjadi anggota pramuka kakak :D

      Delete
  5. Kerennn bangett kakak๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih adekk. sering - sering baca blogku ya

      Delete
  6. Replies
    1. eh ini mbak upik ya ? terimakasih banyak kakak :)

      Delete
  7. Bagus da tulisannya memenuhi syarat, semoga makin berkembang. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kak. tetap dibutuhkan kritik dan sarannya dari mentor yang super keren ini

      Delete
  8. Success buat yg punya blok #Ida

    ReplyDelete
  9. Pramuka itu hebat krn menjadi garda terdepan menjadi perekat bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betul sekali kak. Pramuka untuk masa depan Indonesia๐Ÿ˜„

      Delete