Bertugas Sembari Berwisata, Begitu Kata Anak Komunikasi

by - May 03, 2017

BAHAGIA: Foto perdana kita
Hallo gengs,

Dipostinganku kali ini aku akan memberikan informasi lokasi wisata budaya Budha diwilayah Jawa Timur yaitu wisata Budha Tidur. Blog ini tidak bermaksud menyinggung agama lain atau apa, ini hanya share pengalaman perjalanan saja.

Oke, Berawal dari tugas kuliah tentang Literasi Budaya yang mengharuskan kelompok kami keluar wilayah Madura, jadi kami mengunjungi Patung Budha Tidur di wilayah Trowulan Mojokerto. Bagi yang belum tau, Trowulan merupakan salah satu kecamatan di Kota Mojokerto yang berada paling barat dan berada di bagian timur kota Jombang. Bisa dibilang menjadi perbatasan antara dua Kabupaten. Jarak tempuh dari Kota Mojokerto menuju Trowulan kurang lebih 30 menit. Menuju desa Trowulan kalian gak bakal bingung atau nyasar, soalnya disana banyak sekali bangunan bercorak Budha disetiap perjalanan, kantor pemerintah kota dan rumah wargapun bernuansa Budha yang mewujudkan nuansa Budha terasa menuju lokasi Vihara Budha Tidur.

Tiket masuk akan dikenakan biaya retribusi sebesar 4 ribu rupiah per orang. Sambil jalan – jalan melihat apa saja yang ada di Patung Budha tidur ini kita berkesempatan memasuki tempat sembahyang agama Budha. Bagi kami ini adalah kali pertama kami memasuki tempat sembahyang agama budha karena kami bertujuh beragama muslim.
Nah gengs, menurut kalian warga disekitar vihara beragama islam apa budha?
Perlu diketahui juga buat kalian yang belum tau tentang Desa Trowulan ini, bahwa masyarakat disekitar Vihara patung Budha Tidur tidak beragama Budha. Bahkan menurut sumber tidak ada yang beragama Budha. Walaupun disetiap rumah bercorak bangunan Majapahit itu dibangun atas dasar kontrak yang dibuat pemerintah kota agar masyarakat tetap menjaga dan melestarikan budaya Majapahit.
Bukan hanya bentuk rumah namun, setiap rumah mayoritas bekerja sebagai pengrajin dan membuat kerajinan patung – patung.
Vihara patung Budha  tidur akan ramai pengunjung ketika hari weekend. Jadi aku saranin buat kamu yang mau kesana menikmati ketenangan dan memiliki hasil foto yang bersih tanpa pengunjung yang belalu lalang datanglah ketika hari aktif. Biar berasa tempat milik pribadi.
SEDAP: Biar nugas berasa liburan jangan lupa sambil menikmati kuliner nyaa


Happy Holiday guys .....

You May Also Like

0 comments