Angkutan Jarak Jauh Jogja Butuh Pertimbangan

by - December 28, 2016

Foto Perbandingan Bus Patas dengan Bus Ekonomi
Menikmati perjalanan dengan nyaman merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang apalagi wisatawan yang sedang berpejalanan jarak jauh. Disamping keselamatan diperlukan, kenyamanan juga diperlukan saat bepergian. "Ya sekarang menumpang lebih memilih bis patas walau harganya lebih mahal", ujar pak Wahyu selaku petugas di terminal Giwangan (28/10). 
Pekerjaan yang sudah dilakukan sejak 16 tahun ini membuat bapak Wahyu lebih tau tentang minat penumpang.Patas menjadi idola baru bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan jauh. Selain tampilan fisik patas lebih menarik, bis patas memang memiliki banyak keunggulan dari bus ekonomi. Kondisi patas yang baru, bersih serta ber Ac menjadi lebih diminati oleh para penumpang. Berbeda dengan bus ekonomi. Tampilan fisiknya sudah tidak asik dilihat, kendaraan yang bau dan peralatan yang sudah mulai tidak menjadikan bus ekonomi semakin tersisihkan oleh adanya Bus Patas, yang sudah beroperasi sejak 2008.Tarif harga bis patas untuk jarak jauh atau jarak dekat bertarif relatif sama. keberangkatan dari terminal Jogja bisa melayani berbagai rute perjalanan. Rute Jogja, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap bertarif Rp 60.000,-.  Dalam keadaanya bis patas ini tergolong dalam bis Efisieni karena murah, nyaman dan aman.Menurut Ikmala Mahasiswa semester akhir di Universitas Poltekes Yogyakarta mengatakan "kalau boleh milih ya pilih patas aja mbak, kan harganya juga gak beda jauh, kalau patas 60rb ekonomi bisa 50rb. Jadi bergantung buged yang kita punya dan keadaan kita sih mbak. Kalau misalnya perjalanan jauh mending Patas aja, tapi kalau jaraknya gak terlalu jauh ya ekonomi aja sih mbak kalau aku".Keadaan fisik dari Patas dan Ekonomi memang terlihat perbedaannya. Dari tempat keadaan tempat duduk juga mempengaruhi kenyamanan saat diperjalanan. Selain itu suasana dalam bus, adanya AC memberikan kesan nyaman. 


*Tetapi sewajarnya dalam berpergian jauh hal yang perlu diperhatikan adalah keselamatan dan kenyamanan. Ketika nyaman dan aman terpenuhi maka kebahagiaan akan ada disetiap perjalanan.

You May Also Like

0 comments